10/03/09

Barack Obama Dinominasikan Meraih Nobel Perdamaian

Kita tentu sudah sangat mengenal siapa Barack Obama, presiden baru Amerika Serikat yang belum seratus hari menjabat. Dia juga presiden Amerika pertama yang berkulit hitam dan yang paling membanggakan, beliau pernah mengenyam pendidikan di Indonesia.

Barack Obama beserta rekannya dari Perancis Nicolas Sarkozy dimasukkan diantara 205 nominasi untuk Nobel Perdamaian tahun 2009. Komite Nobel yang beranggotakan lima orang akhirnya mengumumkan jumlah terakhir nominenya setelah merahasiakan nama-nama kandidatnya. Sangat mudah mengajukan calon untuk meraih penghargaan bergengsi tersebut, namun semuanya belum tentu didukung komite.

Menurut komite 172 individu dan 33 organisasi masuk dalam kandidat penerima penghargaan. Rekor sebelumnya dicapai tahun 2005 dengan 199 calon/nominasi. Tahun ini, nama presiden baru Amerika Serikat diajukan sebagai calon meskipun Dia baru beberapa pekan menjabat.

Komite sebelumnya juga mengatakan bahwa pihaknya memasukkan mantan presiden Amerika Serikat Jimmy Carter, Anwar Sadat (Mesir), dan Menachem Begin dari Israel untuk meraih Nobel Perdamaian atas prestasinya sukses mencapai perjanjian damai Camp David tahun 1978. (SM)

Pertanyaannya, apakah Barack Obama sudah pantas menjadi nominasi penerima Nobel Perdamian tersebut?

5 komentar:

  1. Gara-gara baru habis kampanye perdamaian, dia lgsg dpt nobel perdamaian. yah..yah...biarin aja lah...kita lihat aja nanti hasilnya...

    BalasHapus
  2. kalau dia membuat damai palestina-israel, saya yakin ia akan mendapatkan penghargaan tersebut

    BalasHapus
  3. selamat deh buat pakdhe obama kalau dapet tuh nobel

    BalasHapus
  4. wah memang ia pantas mendapatkan itu.......
    aq salah satu pendukungnya sebagaimana aq selalu mendukung SBY

    BalasHapus