19/05/12

Apa itu Black Box????



Rabu, 9 Mei 2012 Pesawat Sukhoi Super Jet 100 milik Rusia melakukan uji coba kedua di Indonesia. Dalam uji coba kedua inilah kejadian Naas dialami pesawat tersebut, yaitu mengalami kecelakaan dengan menabrak Puncak I Gunung Salak Bogor. Sampai dengan hari ini dari 45 orang penumpang termasuk awak pesawat belum ada yang ditemukan selamat.


Saya Pribadi Turut Berduka Cita atas Tragedi tersebut, Semoga Segenap Keluarga Korban diberikan Kekuatan dan Kesabaran oleh-Nya.

Kembali ke Laptop.... Kembali ke Benang Merah.......
Ketika kecelakaan pesawat terjadi, kotak hitam selalu menjadi buruan. Begitu pula dengan tragedi Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor. Black box Sukhoi telah ditemukan pada Selasa lalu, 15 Mei 2012 pukul 21.00 WIB, 100 meter dari ekor pesawat.
Kotak hitam itu ditemukan di sekitar lereng oleh tim evakuasi dan pencari korban Sukhoi SSJ 100. Mengambilnya ke permukaan bukan perkara mudah. Piranti mahapenting yang bisa mengungkap petaka itu terkubur di dalam tanah di antara pepohonan, terempas di kedalaman sekitar 200 meter dari dasar jurang dengan kemiringan 85 derajat.

Apa itu Black Box..?



Black Box merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya.
Ups,,! Lho kok itu..??? Maap salah,, duh g konsen nih sambil liat Indonesian Idol..
Itu Mah pengertiannya BeatBox,,

Ini dia Black Box yang sesungguhnya..


Black Box merupakan perangkat yang dipasang pada pesawat terbang yang terdiri dari FDR (Flight Data Recorder) dan CVR (Cockpit Voice Rekorder), ingat FDR dan CVR lho ya bukan CDR (Calcium De Redoxon)....
Menurut DSTO Black Box pertamakali ditemukan Pertama Kali oleh David Warren, lahir di Groote Eyland Australia pada th 1925.
Saat umur 28 th David terlibat untuk memecahkan misteri kecelakaan pesawat DH106 Comet buatan De Havilland yang jatuh di India, menurutnya penyelidikan kecelakaan akan lebih mudah apabila ada perekam suara di kokpit.
Maka muncul ide membuat CVR yang kemudian disusul dengan CDR eh FDR..

FDR (Flight Data Recorder)
FDR adalah alat yang berfungsi untuk merekam data penerbangan pesawat, seperti kecepatan pesawat, ketinggian pesawat, arah pesawat, dan data penerbangan lain.
CVR (Cockpit Voice Recorder)
CVR adalah alat yang berfungsi untuk merekam pembicaraan di kokpit pesawat, termasuk komunikasi pilot dengan ATC (Air Traffic Control) atau pengendali Lalu Lintas Udara.

Setelah Pesawat dan Black Box ditemukan, isinya kemudian dibawa ke Laboraturium. Di Laboraturium Black Box dianalisis untuk kepentingan rekonstruksi atau reka ulang kecelakaan yang terjadi. Informasi tersebut dapat membantu mengungkap terjadinya kecelakaan bahkan dapat mengungkap secara rinci dari peristiwa sesaat sebelum kecelakaan. Laboraturium Black Box merupakan laboraturium khusus yang mampu membaca kotak hitam dari berbagai tipe pesawat terbang.

Meski demikian hasil dari analisis tidak dapat disampaikan secara keseluruhan kepada masyarakat. Sesuai peraturan dari ICAO (International Civil Aviation Organization) atau Organissai Penerbangan Sipil International, hasil analisis hanya untuk kepentingan investigasi. Yang disampaikan ke masyarakat hanya analisa secara umum dan rekomendasi perbaikan agar kecelakaan tidak terulang lagi di masa datang.
Pelit banget ya, ga terbuka sama masyarakat ‘ntu namanya..

Kotak hitam berwarna Orange

Banyak yang mengira bahwa Black Box berwarna hitam termasuk saya pada awalnya (maklum lah Katro..), padahal aslinya tu alat warnanya orange.
Aneh banget ya.. katanya si selain membuatnya lebih menarik juga membuat Black Box lebih mudah ditemukan, kenapa mesti orange? Kenapa ga pink, hijau muda, purple, kuning, putih, biru muda ato warna lainnya lah yang lebih keren….
Walupun warnanya orange dan penampilannya unik tetapi benda yang satu ini mempunyai ketahanan yang luar biasa lho..
Casingnya terbuat dari titanium atau baja sehingga membuatnya tahan dengan benturan keras dan temperature yang tinggi ga kaya Casing hape yang satu kali jatuh hancur berantakan apalagi terbakar di temperature yang tinggi.

Black Box umumnya dipasang di bagian ekor pesawat terbang, karena saat pesawat jatuh menukik biasanya ekor menjadi bagian terakhir dari pesawat yang berbenturan dengan objek tertentu di depannya. Bagian ekor pada umumnya tidak mengalami kerusakan yang parah dibandingkan dengan bagian yang lain, dengan begitu meminimalkan kemungkinan kerusakan parah pada Black Box.

Saat ini sudah semua Pesawat komersil didunia ini memasang Black Box dengan tujuan mempermudah dalam pengungkapan apabila terjadi kecelakaan dalam pesawat.

Terakhir, Semoga Black Box yang telah ditemukan oleh tim evakuasi Pesawat Sukhoi Super Jet 100 dapat segera dibaca dan dianalisis dengan cepat oleh KNKT sehingga penyebab pesawat jatuh akan secepatnya diketahui. Dan masyarakat dan keluarga korban tidak bertanya-tanya mengenai apa yang mengakibatkan jatuhnya pesawat tersebut.

Selamat Bekerja KNKT..!


Artikel sejenis juga dapat dilihat Di Wikipedia atau juga Disini

1 komentar:

  1. terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat nih buat saya

    BalasHapus